Rabu, 19 Mei 2010

Bapa punya rencana indah untuk kita

Apakah kamu punya rencana ?? apakah kenyataan yang ada selalu sesuai dengan rencana kamu ?
kali ini aku nulis soal rencana. kadang kita berpikir kalo rencana yang telah kita susun itu akan berjalan dengan baik dan lancar. tapi pada kenyataannya,bisa saja kita kecewa karena realita yang ada tidak sesuai dengan rencana kita.
aku ingat ketika malam tahun baru 2010 kemaren. aku ngobrol-ngobrol bareng romo di Gereja St.Maria Fatima Magelang,sembari nunggu jam 12 mlm. waktu itu aku sedikit banyak curhat tentang perjalanan cinta aku. (..hehe...melow dikit gpp yach..) aku bilang ke romo : "mo,napa ya 3 tahun aku berusha keras mempertahankan hubungan dengan seseorang,tapi kok dalam hitungan menit hubungan itu hancur. padahal rencana dah mateng banget....bla..bla..bla...dsb...", tapi jawab romo sendiri enak: "lha kamu dah ijin sama Gusti belum ?", ya aku bilang "sudah to,karena aku selalu berdoa dan memohon"

setelah banyak aku ceritakan ke romo, romo bilang : "kita itu harus peka dengan tanda-tanda dari Gusti. kita juga harus sadar bahwa apa yang kita rencanakan itu tidak selalu sesuai dengan yang Gusti rencanakan"
kalimat itu selalu terngiang ditelinga. so,sampe sekarang pun itu selalu terdengar dan teringat. dalam injil Yohanes 10:10b tertulis ""Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan" ini aku dapat ketika iseng mencari kata-kata pas aku mo kirim ucapan ke salahsatu sahabat. Dari kutipan itu telah jelas bahwa Dia punya rencana indah untuk kita. Dia mengasihi kita. dan rencana Nya adalah yang terbaik untuk kita.

lanjut soal malam tahun baru.
ketika Misa berlangsung dan romo ngajak kita untuk merenungkan apa yang telah kita lakukan di tahun sebelumnya aku sempat tertunduk dan benar-benar tertunduk. banyak sekali kegagalan,keberhasilan,kenangan. semua itu telah terjadi dan semua itu adalah bagian dari realisasi rencana yang aku susun. ada yang terwujud dan ada juga yang tidak terwujud.
dalam doa penutup romo, spenggal doa yang masih teringat sampai sekarang : "Bapa, aku tulis sebuah rencana untuk tahun 2010 ini. kuserahkan semua rencanaku pada Mu dan apabila rencana itu salah, gantilah dengan rencanamu."
doa itu selalu aku sampaikan kepada Bapa,karena aku yakin Bapa akan menggantinya dengan rencana Nya. dan apa yang Bapa ku rencanakan adalah yang terbaik dan indah.

so...buat kamu-kamu yang baca tulisanku ini,buka mata kalian dan tengoklah. buka telinga kalian dan dengarkanlah. lihat apa yang Bapa inginkan dan dengar apa yang Bapa kehendaki. jangan pernah menyombongkan diri dengan keoptimisan sebuah rencana,karena rencana manusia belum ada apa-apanya dibandingkan rencana Bapa.